Blog Tulisan Agus

4 Alasan Kepala Keluarga Butuh Asuransi Jiwa

cara klaim asuransi

Setiap jenis asuransi memiliki manfaat untuk memberikan perlindungan bagi segala risiko yang terjadi pada nasabah atau tertanggung. Cara mendaftarkan diri dan cara klaim asuransi cukup mudah selama sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam polis asuransi.

 

Asuransi menjadi proteksi penting bagi diri Anda, terutama jika Anda telah berkeluarga. Salah satu jenis asuransi yang wajib dimiliki bagi kepala keluarga atau pencari nafkah adalah asuransi jiwa yang akan memberikan perlindungan maksimal bagi keluarga Anda. Fungsi asuransi jiwa adalah untuk mengelola risiko dan memberikan jaminan atas ketidakpastian karena memberikan proteksi atas risiko yang mungkin saja terjadi dikemudian hari. Dalam artian lain, asuransi dapat membantu ketahanan keuangan keluarga dalam masa-masa tersulit.

 

Contohnya, apabila kepala keluarga atau pencari nafkah meninggal dunia atau cacat total sehingga tidak bisa bekerja lagi, maka keluarga tertanggung akan mendapatkan uang pertanggungan dari produk asuransi yang dimilikinya. Sehingga keluarga dapat melanjutkan hidup menggunakan biaya tersebut.

 

Dari pemaparan perlindungan yang akan didapatkan dari asuransi jiwa diatas namun masih ragu juga untuk membeli asuransi jiwa? Berikut ini adalah 4 alasan kenapa kepala keluarga wajib memiliki asuransi jiwa, yang dikutip dari situs Tokopedia:

 

1. Melindungi diri dan keluarga dari kejadian tak terduga

 Sama seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, asuransi jiwa juga demikian. Sediakan perlindungan sebelum terjadi kejadian yang tidak terduga. Karena apa yang terjadi di hari esok tidak seorang pun dapat memprediksinya. Jika sudah terlindungi dengan asuransi jiwa, maka Anda dan keluarga akan lebih tenang dan dapat menjalani hidup dengan lebih berkualitas.

 

Selama Anda membayar premi asuransi dengan rutin, maka asuransi jiwa akan memproteksi Anda dari segala risiko yang terjadi, seperti terjadinya kecelakaan, kehilangan kemampuan untuk bekerja (cacat permanen), atau kejadian buruk lainnya.

 

2. Keluarga terlindungi dari masalah kesulitan finansial

Apa yang terjadi jika pencari nafkah meninggal dunia atau tidak mampu bekerja lagi? Jawaban utamanya adalah kesulitan finansial. Anak tidak bisa melanjutkan pendidikan hingga tidak mampu menutupi kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan akan menerima uang pertanggungan saat pemegang polis meninggal dunia. Uang tersebut bisa digunakan keluarga untuk melanjutkan hidup yang dapat digunakan sebagai modal usaha, untuk kebutuhan sehari-hari, hingga biaya pendidikan sekolah anak.

 

3. Sebagai bentuk investasi

Saat Anda memiliki asuransi jiwa, Anda akan mendapat jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Biasanya ini berlaku pada asuransi jiwa berjangka, dimana nasabah memilih jangka waktu kontrak asuransi yang lebih fleksibel, mulai dari 5 hingga 10 tahun.

 

4. Memberikan rasa tenang

 Dengan memiliki asuransi akan memberikan rasa tenang kepada nasabah dan keluarga. Karena risiko yang tercakup dalam polis akan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Asuransi jiwa juga membantu Anda untuk mewujudkan rencana masa depan yang lebih baik dan tenang.

 

Nah, itu dia 4 alasan kenapa kepala keluarga membutuhkan asuransi. Hal-hal tidak terduga tidak pernah bisa diprediksi. Maka untuk melindungi keluarga yang dicintai dari masa-masa sulit, Asuransi jiwa bisa menjadi solusi utamanya.

Exit mobile version