Blog Tulisan Agus

5 Olahraga yang Bisa Bunda dan Si Kecil Lakukan Bersama agar Sehat

Pada masa pandemi Covid 19 saat ini menjaga kesehatan merupakan hal yang penting. Untuk itu, sebagai Bunda yang sigap, Bunda tidak boleh hanya memerhatikan asupan vitaminnya dengan memberi suplemen vitamin anak saja, tetapi juga harus mengajak si kecil agar aktif bergerak dengan berolahraga bersama. Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga bersama dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menjadi quality time bersama si kecil.

Ada beberapa olahraga yang dapat Bunda lakukan bersama si Kecil, yaitu:

1. Jogging

Olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang sangat simpel dan mudah dilakukan. Jika si kecil sering berlari-lari di dalam rumah, hal ini sebenarnya termasuk dalam aktivitas jogging loh, Bun. Namun jika di dalam rumah, si kecil tidak bisa leluasa bergerak akibat ruangan yang terbatas, Bunda bisa mengajaknya untuk jogging di sekitar lingkungan rumah. Jika ingin mengganti suasana yang lebih menyenangkan, Bunda bisa mengajak si kecil melakukan Jogging di taman pada pagi atau sore hari. Pastikan untuk selalu menjaga jarak dan jangan lupa memakai masker ya, Bunda, agar tetap aman dan nyaman pada masa pandemi seperti sekarang.

2. Yoga

Olahraga yang satu ini cukup popular dilakukan oleh bersama anak. Yoga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun dapat membantu diri untuk lebih relax dan juga membantu anak agar lebih fokus. Sebelum memulai yoga, Bunda harus mempersiapkan yoga mat atau alas agar tidak sakit sakit melakukan yoga karena terkena lantai. Selanjutnya Bunda bisa mencari referensi video yoga di internet.  Carilah gerakan yang mudah ditirukan oleh si kecil. Jangan memaksakan diri untuk melakukan gerakan yang rumit karena berisiko membuat cidera jika belum terbiasa.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan yang banyak disukai oleh anak-anak. Kegiatan ini bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. Ajaklah si kecil bersepeda di taman, bersepeda membuat si kecil dapat menghirup udara yang segar sehingga membuat tubuh menjadi relax dan juga bugar. Bersepeda juga dapat melatih gerakan motorik pada anak dan memperkuat otot kaki. Pastikan Bunda memakaikan helm dan pelindung lutut pada si kecil ya, agar bersepeda dengan aman.

4. Berenang

Si kecil senang bermain air? Bunda bisa rutin mengajaknya berenang setiap seminggu sekali. Bukan hanya melatih otot tangan, otot kaki juga akan terlatih jika melakukan berenang. Berenang juga dapat meningkatkan stamina dan melatih pernapasan. Terlebih lagi jika Bunda mengajak si kecil berenang ke waterpark, tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan karena bisa sambil bermain dengan wahana yang ada di sana.

5. Senam

Olahraga yang satu ini sangat menyenangkan jika dilakukan bersama di rumah dan memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah melatih kelincahan serta daya fokus pada anak, mengurangi resiko obesitas pada anak, serta membuat kualitas tidur anak menjadi pulas. Bunda bisa membuat gerakan senam yang mudah atau mencari referensi videonya di internet. Kombinasikan gerakan senam yang Bunda buat dengan musik yang si kecil sukai. Lakukan senam selama 60 menit dan secara rutin, misalnya seminggu tiga kali. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu ya, Bunda.

 

Itu dia beberapa olahraga yang bisa Bunda dan si kecil lakukan bersama guna menjaga tubuh agar tetap sehat. Selamat menikmati waktu berolahraga bersama si kecil ya, Bun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.