Blog Tulisan Agus

Baru Pertama Kali Snorkeling? Perhatikan Tips Berikut!

Pernah mendengar istilah “Labuan Bajo wisata laut”? Yup, Labuan Bajo tidak hanya terkenal dari pemandangan daratannya yang cantik tetapi juga keindahan bawah lautnya yang mengagumkan. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo untuk snorkeling di sana.

 

Wisata Labuan Bajo menawarkan beberapa pilihan untuk menikmati keindahan lautnya. Mulai dari snorkeling, diving, kayak, dan olahraga lainnya. Namun yang paling populer saat ini ialah snorkeling dan diving. Keduanya jelas memberikan pengalaman bawah laut yang terbaik meski skill yang dibutuhkan berbeda.

 

Untuk mereka yang tidak memiliki diving license, tidak boleh melakukan diving sembarangan. Karena untuk menguasai teknik menyelam, butuh kursus bersertifikasi agar mampu menyelam dengan benar. Nah, solusinya untuk yang tidak punya sertifikat menyelam adalah dengan melakukan snorkeling.

 

Walaupun terlihat seperti berenang dan menyelam standar, snorkeling tetap memiliki aturan yang tidak boleh diabaikan. Apalagi jika kamu baru pertama kali snorkeling, rasanya tentu berbeda dengan berenang biasa di kolam air tawar. Supaya tidak bingung, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari sebelum mulai snorkeling di laut.

 

Selalu cek peralatan snorkeling yang akan digunakan

Cek masker, kaki katak (fin) dan pelampung (life jacket) apakah bekerja dengan baik. Pastikan semua peralatan tersebut pas dengan tubuh kamu, tidak kesempitan dan tidak kelonggaran. Karena jika tidak pas, akan mengganggu pergerakan di dalam air. Ada satu tips yang biasa dilakukan oleh para diver, yaitu mengoleskan sabun ke dalam kaca masker lalu bilas. Hal ini dilakukan agar tidak ada kabut ketika snorkeling.

 

Latihan bernapas melalui snorkel

Satu-satunya jalur pernapasan yang akan kamu gunakan adalah snorkel. Ketika menggunakan snorkel, otomatis hidung akan tertutup dan kamu akan bernapas dengan mulut. Jika kamu kelupaan bernapas dengan hidung, dikhawatirkan air akan masuk ke hidung, Jadi sebelum masuk ke air, latihan terlebih dahulu bernapas melalui snorkel, ya.

 

Pakai pakaian yang nyaman

Bukan berarti nyaman menggunakan OOTD full, kamu bisa snorkeling dengan baik. Kenakan pakaian renang yang baik dan menutupi seluruh tubuh. Meski memang tidak sedikit yang mengenakan pakaian terbuka saat snorkeling. Namun pakaian renang yang tertutup seperti ini bisa meminimalisir tubuh tergigit ubur-ubur kecil jika kamu snorkeling di Manta Point.

 

Berenang bersama

Baru pertama kali snorkeling, jangan sendirian! Pastikan kamu snorkeling bersama teman atau pendamping yang sudah pernah snorkeling sebelumnya. Karena tidak sedikit pemula yang panik saat snorkeling dan akan membutuhkan bantuan. Jangan juga berenang terlalu jauh hingga pisah dari rombongan.

 

Tetap lestarikan lingkungan

Biota laut Labuan Bajo yang cantik perlu dijaga dengan tidak merusak saat snorkeling. Jangan menyentuh apalagi menginjak terumbu karang yang ada. Jangan pula meninggalkan sampah yang akan merusak habitat mereka. Jaga kebersihan dan kelestarian laut untuk bumi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.