Blog Tulisan Agus

Beberapa Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri memang terasa tidak mengenakkan dan membuat aktivitas jadi terhambat. Hampir semua orang di sini tentu pernah mengalami sakit pinggang. Umumnya sakit pinggang tersebut ditandai dengan kaku, rasa pegal, nyeri ataupun pinggang yang terasa seperti ditusuk-tusuk. Tapi Anda perlu waspada jika mengalami sakit pinggang sebelah kiri.

Apa Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri?

Sebagian besar di sini sakit pinggang biasanya tidaklah berbahaya. Gejala yang dirasakan juga tak akan bertahan lama, rata-rata untuk sakit pinggang akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam atau menit.

Tapi sekalipun demikian tak sedikit sakit pinggang bertahan bahkan hingga beberapa hari. Jika sakit yang Anda rasakan cukup lama bahkan hingga berhari-hari sebaiknya Anda tidak menganggap remeh kondisi tersebut.

Beberapa sakit pinggang dapat jadi indikasi bahwasanya terdapat penyakit yang jauh lebih serius, terlebih lagi jika rasa nyerinya spesifik seperti di bagian kiri atau mungkin bagian kanan.

Sakit pinggang di sebelah kiri bisa jadi tanda bahwa terdapat sesuatu yang salah dengan ginjal Anda. Namun jika yang sakit adalah pinggang sebelah kanan bisa jadi saraf terjepit atau terdapat masalah pada organ hati.

Jika di sini Anda merasakan sakit pinggang di sebelah kiri maka hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa Anda mengalami sakit pinggang sebelah kiri.

Pankreatitis

Dimulai dari bagian perut atas dan menjalar ke pinggang. Jika rasa sakit yang Anda rasakan seperti itu maka bisa jadi terdapat masalah pada organ pankreas Anda. Sakit pinggang yang diakibatkan oleh pankreatitis tersebut umumnya terasa ringan tapi akan terasa parah jika Anda tengah makan.

Batu Ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri juga bisa saja diakibatkan oleh batu ginjal. Rasa sakit terdapat di area pinggang hingga menuju ke area punggung. Sakit pinggang oleh karena batu ginjal seringkali disertai rasa sakit ketika buang air kecil.

Peradangan Sendi Pinggul

Peradangan yang terjadi pada bagian sendi pinggul juga bisa mengakibatkan munculnya perasaan nyeri di area pinggang sebelah kiri. Bahkan hal itu bisa saja mengakibatkan pembengkakan, akibatnya tubuh akan lebih sulit untuk digerakkan.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi ini terjadi saat bakteri yang berbahaya memasuki saluran. Sebagian besar infeksi terjadi di saluran kemih bawah yaitu di bagian uretra dan kandung kemih dengan gejala yaitu berupa sakit pada punggung bawah. Bila sampai timbul sakit pinggang infeksi tersebut telah menyebar ke saluran kemih atas yaitu ureter dan ginjal.

Kondisi Kehamilan

Penyebab lain mengapa di sini Anda bisa sakit pinggang di sebelah kiri disebabkan karena Anda tengah hamil. Seperti yang sudah kita ketahui, pertumbuhan bayi makin lama tentu akan makin membesar. Hal tersebutlah yang pada akhirnya menyebabkan rasa sakit pada bagian pinggang kiri.

Kurang Cairan

Memang terkesan sepele tapi nyatanya area pinggang kiri yang sakit bisa saja diakibatkan oleh karena kurang minum atau kurang cairan. Hal tersebut terkait dengan sendi dan otot yang memerlukan cairan.

Ketika seseorang kurang minum maka orang tersebut akan sangat beresiko merasakan sakit pinggang di mana sebelumnya ia akan merasakan dehidrasi. Dehidrasi bisa mengakibatkan sakit punggung saat bahan mirip agar-agar di dalam cakram sendi kehilangan air dan tidak mampu menahan berat tubuh Anda.

Kondisi tersebut bisa mengakibatkan cakram tersebut jadi kempis yang selanjutnya akan memberikan tekanan pada bagian saraf yang keluar dari area tulang belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.