Blog Tulisan Agus
Bisnis  

Belajar Online, Simak 5 Manfaat yang Akan Diperoleh

Belajar online menjadi metode paling banyak digunakan di berbagai tempat. Cara ini sebagai alternatif untuk proses pembelajaran agar lebih fleksibel dan praktis. Melainkan juga disukai oleh generasi pelajar saat ini karena menggabungkannya dengan teknologi.

Pengertian Belajar Online

Proses pembelajaran yang dilakukan secara online memanfaatkan internet dan media digital lainnya dalam penyampaian materi. Metode online learning ini merupakan bentuk dari digitalisasi di bidang pendidikan yang banyak memberikan manfaat.

 

Pembelajaran sistem online ini menjadi kebutuhan sejak pandemi Covid-19 berlangsung selama hampir dua tahun. Semua bidang termasuk pendidikan terkena dampaknya. Sehingga untuk mengejar ketertinggalan belajar sistem ini terpilih karena aman.

Manfaat Belajar Online

Sebagai alternatif dari sistem pembelajaran, sistem ini memiliki beberapa manfaat, yakni:

Praktis dan Fleksibel

Dari segi kepraktisan merupakan manfaat dari sistem ini. Interaksi antara guru dan siswa akan menjadi lebih praktis karena tidak harus menempuh perjalanan untuk saling bertemu. Proses pembelajaran bisa berlangsung di mana pun selama suasana kondusif.

 

Fokus siswa akan tercipta jika kondisi selalu kondusif selama menggunakan sistem belajar online. selain itu, tidak lagi perlu berdandan rapi sehingga lebih fleksibel.

Pendekatan yang Sesuai

Menggunakan pendekatan teknologi akan lebih sesuai dengan era modernĀ  dibanding menggunakan metode konservatif. Penyampaian materi yang menggunakan kelas online akan juga menggunakan gabungan formal dan informal.

Pengalaman yang Menyenangkan

Tanpa menggunakan spidol dan papan tulis serta tanpa harus mencatat, pembelajaran akan lebih menarik. Hal ini dikarenakan menggunakan berbagai media, seperti foto, video dan audio.

Lebih Personal

Teknik ini akan menggunakan materi yang sifatnya satu arah. Namun, banyak juga yang menyediakan komunikasi secara dua arah. Sehingga siswa dan guru benar-benar terhubung dan bisa melakukan interaksi.

Hemat Waktu dan Biaya

Ketika menggunakan sistem pembelajaran konvensional akan memerlukan waktu lebih jika harus ada perpindahan ruangan. Jika menggunakan sistem online akan menghemat waktu. Terlebih siswa tidak perlu lagi untuk fotokopi materi karena materi bisa dipelajari dalam bentuk softcopy.

 

Pijar Sekolah sebagai penyedia layanan belajar online bisa menciptakan suasana baru dalam belajar karena penyampaian materi menggunakan metode yang bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *