Blog Tulisan Agus

Beragam Cara Membangun Jiwa Enterpreneur Ketika Kuliah

Banyak yang menilai kesuksesan mahasiswa dari prestasi dan pencapaian nilai akademik selama duduk di bangku kuliah, sehingga banyak mahasiswa yang hanya mengejar nilai mata kuliah saja. Hal tersebut memang bagus, tetapi kuliah tidak hanya sebatas itu saja. Ada banyak hal yang ternyata bisa dilakukan oleh mahasiswa selain fokus nilai akademik. Mahasiswa juga perlu untuk mencari pengalaman di luar akademik, salah satunya berbisnis. Apalagi bagi mahasiswa Program S2 Manajemen Bisnis tentunya harus membuktikan bahwa teori yang selama ini dipelajari bisa bermanfaat untuk mengembangkan bisnis, sehingga setiap mahasiswa bisnis harusnya memiliki setidaknya satu bisnis sebagai wadah untuk mempraktekkan ilmu secara langsung. Dengan melihat banyak anak-anak muda lainnya yang sukses berbisnis sekarang, tentu menjadi motivasi tersendiri bagi mahasiswa yang baru memulai bisnis. Selain itu, dengan berbisnis maka mahasiswa akan membangun jiwa enterpreneur yang dibutuhkan untuk berkarir.

 

Ada banyak alasan mengapa mahasiswa harus belajar bisnis ketika kuliah. Pertama, tentu akan menumbuhkan jiwa bisnis, khususnya dalam melihat peluang yang ada di sekitar. Kedua, bisa menghasilkan uang sendiri, atau bahkan bisa membantu keuangan orang tua. Selanjutnya, bisa membentuk karakter pribadi yang positif, salah satunya disiplin dan bersemangat. Alasan lainnya yaitu bisa menambah koneksi atau jaringan, dimana itu penting dalam dunia bisnis. Jadi, suatu saat dibutuhkan maka bisa menghubungi koneksi yang sudah dibangung sejak kuliah.

 

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis yang tepat bagi mahasiswa? Dengan terbatasnya modal awal, maka sebaiknya pilih bisnis dengan modal yang terjangkau. Walaupun modal kecil tentunya tidak masalah karena hal paling penting saat buka bisnis yaitu inovasi dan mental baja. Ada kemungkinan bisnis akan naik atau turun bahkan ada potensi tutup, tetapi dengan tekad yang kuat akan bisa bertahan melewati fase tersebut. Jangan lupa juga untuk terus belajar ilmu baru terkait bisnis karena ini penting sekali, salah satu sekolah bisnis manajemen yang direkomendasikan yaitu Universitas Prasetiya Mulya. Dikenal sebagai salah satu kampus bisnis terbaik sekarang ini membuat banyak orang memutuskan untuk melanjutkan studi untuk program S1 dan S2 disini.

 

 

Exit mobile version