Blog Tulisan Agus

Cara Merawat Cat Mobil Putih Agar Awet dan Tidak Kusam

Cara merawat cat mobil putih tentu tidak sama dengan cara merawat warna cat mobil yang lain. Silahkan kunjungi https://otoklix.com untuk mendapatkan layanan perawatan mobil. Otoklix sendiri merupakan sebuah platform yang berfokus pada automotive aftermarket domain. Otoklix bukanlah bengkel melainkan platform untuk melakukan booking service dengan sejumlah bengkel yang telah menjadi mitra Otoklix.

 

Cara Merawat Cat Mobil Putih untuk Hindari Kusam

Mobil berwarna putih memang banyak diminati. Sebab, mobil dengan warna putih ini terlihat elegan serta eye catching. Namun sayangnya, cat warna putih tersebit dinilai lebih sensitif kerimbang cat warna yang lain. Akan tetapi, Anda tak perlu cemas, sebab terdapat beberapa tips untuk merawat mobil warna putih yang dapat Anda terapkan.

Nah, guna membuat car warna putih pada mobil Anda jadi lebih awet, sima penjelasan berikut ini!

Kurangi Menjemur Mobil di Bawah Paparan Matahari Langsung

Salah satu cara merawat cat mobil putih yaitu dengan tidak memarkir mobil Anda di bawah paparan terik matahari langsung. Usahakan untuk memarkir mobil di tempat teduh sebelum Anda benar-benar meninggalkan mobil. Tujuannya yaitu demi menjaga mobil putih dari sinar UV yang bisa mengakibatkan warnanya dapat menguning. Carilah tempat yang benar-benar teduh supaya terik matahari tak akan mengenai mobil!

Akan lebih baik apabila Anda memarkirkannya di dalam gedung yang punya basement. Apabila di rumah tidak memiliki garasi maupun pepohonan yang rindang, Anda dapat menggunakan penutup mobil yang lengkap dengan penangkal sinar UV.

Rajin Menjaga Kebersihan Mobil

Cara merawat cat mobil putih berikutnya agar tidak kusam yaitu dengan rajin membersihkan mobil tersebut. Anda bisa mengelapnya usai seharian digunakan, maupun mencucinya beberapa hari sekali.

Hal tersebut bertujuan supaya debu serta kotoran tidak menumpuk, sehingga akan menutupi warna cat putih pada mobil.

Jangan Mencuci Mobil di Bawah Paparan Terik Matahari Langsung

Sebenarnya, tips yang satu ini bukan hanya berlaku untuk mobil dengan warna cat putih saja, melainkan untuk mobil yang berwarna lain juga sama. Tidak sedikit orang yang lebih ska mencuci mobilnya di bawah paparan sinar matahari langsung. Dengan harapan mobil yang dicuci bakal kering lebih cepat ketika terkena panas dari matahari.

Anggapan itu memang benar. Namun jika mobil secara langsung terkena sinar matahari, maka lama-kelamaan bisa mengakibatkan warna cat mobil tersebut cepat memudar. Bukan hanya itu saja, saat Anda mencuci mobil memakai sampo atau sabun, maka bahan itu bakal cepat mengering serta terserap pada cat mobil. Hal ini dikarenakan oleh panas sinar matahari.

Oleh sebab itu, solusi terbaik yang dapat Anda lakukan yaitu cucilah mobil pada tempat yang teduh! Terlebih lagi apabila sanitasi di dalam garasi Anda bagus, Anda dapat langsung mencuci mobil di dalam garasi. Kecuali mencucinya hanya dengan memakai air saja, maka Anda diperbolehkan membawa mobil keluar.

Pakailah Teknik Cuci Mobil yang Baik, Benar, dan Tepat

Shampo yang Anda biarkan terlalu lama pada body mobil, maka bakal cepat mengering. Sehingga akan menimbulkan efek yang tidak bagus untuk warna putih mobil Anda.

Oleh karena itu, sebagai cara merawat cat mobil putih yang tepat, teknik mencuci mobil dengan warna putih yang benar yaitu dengan membilas pada bagian yang sudah terkena sampo sesaat sebelum Anda berpindah ke bagian mobil lainnya.

Pakailah Sabun atau Shampo Khusus Mobil dengan Warna Putih

Nah, cara merawat cat mobil putih yang tepat selanjutnya, saat Anda mencuci mobil yang berwarna putih, hindari memakai sampo maupun sabun yang tidak direkomendasikan untuk mencuci mobil. Silahkan memakai sabun atau sampo khusus perawatan mobil. Memakai sabun yang tak sesuai dengan fungsinya bisa mengakibatkan kerusakan pada cat mobil.

Nah, dengan memakai sabun maupun shampo khusus mobil, maka cat putih pada mobil Anda bakal lebih awet lagi, selain itu kebersihannya pun juga terjaga. Shampoo khusus mobil ini juga dengan gampang bisa Anda temukan di toko otomotif. Dengan memakainya, warna cat mobil lebih awet dan tak berubah.

Gunakan Teknik Membilas yang Benar

Dalam membilas shampoo atau sabun terdapat cara yang perlu Anda ikuti, yakni dengan membilasnya secara satu arah. Lalu, permukaan body mobil silahkan Ada bilas secara berkala dengan arah dari atas menuju ke bawah. Cara tersebut dilakukan supaya tak ada kotoran yang nyangkut.

Selain itu juga bertujuan untuk menghindari bercak-bercak bekas sabun mengering serta menimbulkan noda. Cara tersebut juga menghindarkan kotoran yang masih tertinggal pada bagian celah mobil dan menyebabkan mobil Anda jadi tidak bersih sempurna.

Pakailah Kain Lap yang Lembut

Usai membilasnya, cara merawat cat mobil putih yang tepat selanjutnya yaitu jangan lupa mengelap pada bagian yang masih basah menggunakan kain lap lembut dengan daya serap tinggi. Nah, di sinilah perbedaan dari pengeringan memakai lap dengan menggunakan paparan sinar matahari. Pemakaian kain tak bakal meninggalkan bercak di body mobil.

Lakukan Pemolesan

Pemolesan juga merupakan cara merawat cat mobil putih, sebab dengan melakukan pemolesan bisa mempertahankan warna putih pada mobil supaya tetap berkilau. Selain itu, pemolesan juga dipakai untuk menghilangkan jamur-jamur yang menempel pada body mobil Anda. Anda bisa melakukan pemolesan di bengkel mobil terpercaya.

Umumnya, untuk biaya pemolesan ini harganya kira-kira Rp 3 juta. Dengan budget tersebut, Anda sudah bisa memperoleh mobil yang dilapisi dengan lapisan nano ceramic sehingga menjadikan warna body mobil awet hingga 2 tahun lamanya.

Lakukan Treatment untuk Hilangkan Yellowing

Cara merawat cat mobil putih selanjutnya yaitu bisa dengan melakukan treatment menghilangkan yellowing di salon mobil. Sebetulnya, kegiatan ini hampir sama dengan pemolesan. Namun, dengan melakukan treatment menghilangkan yellowing tersebut, mobil putih Anda dapat disulap jadi kinclong kembali. Biasanya, treatment ini sendiri meliputi bagian interior, eksterior, mesin, hingga, kaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.