Blog Tulisan Agus

Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, Akses cekbansos.kemensos.go.id, Ini Cara Cairkan Dananya

Berikut ini cara cek daftar nama penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300 ribu. Dalam artikel ini juga terdapat cara mencairkan dana BST Rp 300 ribu. Pemerintah memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat yang terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Cek penerima bantuan sosial tunai (BST) Rp 300 ribu dengan mengakses cekbansos.kemensos.go.id. Masyarakat yang terdaftar dalam sistem DTKS akan mendapatkkan dana bantuan sebesar Rp 300 ribu dari pemerintah. Masa penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) kembali diperpanjang hingga bulan Juli dan Agustus 2021.

Hal ini dilakukan karena adanya pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali pada 3 20 Juli 2021. Masyarakat dapat mengecek daftar penerima bansos di laman cekbansos.kemensos.go.id. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

Masukkan alamat seperti Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan pada kolom Masukkan nama sesuai dengan KTP Masukkan kode yang tertera dalam kotak boks captcha pada kolom

Bila kode huruf tidak jelas, klik simbol 'reload' untuk mendapatkan kode baru. Klik cari data, hasil data pencairan akan muncul pada laman cekbansos.kemensos.go.id. Pencairan dana bantuan sosial dapat dilakukan melalui bank anggota Himbara, seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, serta BTN.

Masyarakat wajib membawa beberapa persyaratan berikut ini untuk mencairkan dana bantuan: Surat undangan Kartu Keluarga (KK)

KTP Surat undangan atau keterangan dari ketua RT Setempat harus dibawa ke kantor pos terdekat. Surat keterangan berisikan barcode dan informasi dasar penerima bantuan.

Pencairan dana bantuan dapat dicairkan dengan menunjukkan dokumen pribadi seperti KTP atau KK dan surat dari RT kepada petugas. Kemudian, petugas akan melakukan scanning pada barcode pada surat undangan tersebut. Lalu, dana bantuan akan langsung diberikan kepada KPM.

Petugas akan memfoto setiap masyarakat yang sudah menerima bansos lengkap bersama dokumen pribadinya, sebagai bukti orang yang bersangkutan sudah mencairkan dana bantuan. Proses pencairan dana tidak dikenai potongan biaya apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.