Blog Tulisan Agus

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Meskipun Menang, Keperawanan Gawang Timnas Jepang Harus Bobol

Hasil gemilang kembali ditorehkan oleh Timnas Jepang dalam melakoni perjuangan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Terbaru, Jepang berhasil mengalahkan Tajikistan di Grup F Kualifikasi Piala Dunia, Senin (7/6/2021). Tim yang memiliki julukan Samurai Biru itu mampu menyudahi perlawanan Tajikistan dengan skor telak yakni 4 1.

Empat gol kemenangan Jepang dihasilkan masing masing satu gol oleh Kyogo Furuhashi (6'), Takumi Minamino (40'), Kento Hashimoto (51'), dan Hayao Kawabe (71'). Sementara, gol balasan Tajikistan dicetak oleh Ehsoni Panshanbe pada menit kesembilan. Meskipun meraih kemenangan besar terdapat sebuah hal yang patut disesalkan oleh pertahanan Timnas Jepang.

Harapan Jepang untuk bisa terus menjaga gawangnya tetap perawan akhirnya buyar juga melawan Tajikistan. Gol Ehsoni Panshanbe membuat harapan Jepang menjaga cleansheet sepanjang kualifikasi gagal terwujud. Gol pemain Tajikistan itulah yang membuat akhirnya ikhtiar terbaik Jepang untuk tidak kebobolan harus sirna.

Terlepas dari hal itu, Jepang masih menjadi satu satunya tim yang paling produktif performanya dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia. Tujuh kemenangan beruntun berhasil didapatkan Jepang setelah mengalahkan Tajikistan, Kirgizstan, Myanmar, dan Mongolia di Grup F. Torehan 41 gol mampu diciptakan oleh para pemain Jepang hanya dalam tujuh pertandingan yang dilakoni.

Hal itu menandakan daya ledak serangan Jepang sangat luar biasa lantaran mampu rata rata mencetak enam gol dalam setiap pertandingan. Pemain seperti Takumi Minamino, Yuya Osako, Hidemasa Morita, dan Daichi Kamada mampu membuat daya ledak serangan Jepang terlihat sangat tajam. Myanmar yang menjadi tim tetangga Timnas Indonesia pun harus menanggung malu ketika dibantai Jepang pada laga pamungkas.

Bagaimana tidak, Myanmar dipaksa mengakui keunggulan Jepang dengan skor sepuluh gol tanpa balas. Kemenangan besar yang diraih Jepang itu tak hanya terjadi satu kali saja pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam laga sebelum Myanmar yakni tepatnya melawan Mongolia, Jepang pernah membantai tim tersebut dengan skor 14 0.

Pembantaian yang dilakukan Jepang itu memperlihatkan betapa ganasnya performa tim asal Asia Timur tersebut. Alhasil tak heran jika Jepang selalu menjadi tumpuan Asia dalam berlaga di kancah sepak bola internasional. Performa yang sejauh ini diperlihatkan Jepang membuat mereka seakan akan mengukir langkah sempurna di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

1. Jepang: 21 Poin (7 Pertandingan) 2. Tajikistan: 10 Poin (7 Pertandingan) 3. Kirgizstan: 7 Poin (6 Pertandingan)

4. Myanmar: 6 Poin (6 Pertandingan) 5. Mongolia: 3 Poin (6 Pertandingan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.