Blog Tulisan Agus
Travel  

Kebun Raya Bali Bukan Hanya Sekedar Kebun, Temukan Fakta Lainnya Berikut Ini

Saat berwisata di Pulau Bali tentu setiap wisatawan akan dihadapkan dengan banyak pilihan tempat wisata. Apalagi pulau ini terbagi menjadi beberapa kabupaten dan hampir setiap kabupaten terdapat banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi baik sendiri atau bersama-sama. Salah satu kabupaten yang sering menyita perhatian ketika mengunjungi Bali yaitu Tabanan karena ada banyak sekali tempat wisata di daerah ini. Bukan hanya pantai yang bisa dinikmati, ternyata ada juga wisata alam yang bisa membuat pikiran menjadi segar kembali yaitu Kebun Raya Bali.

Dengan ketinggian sekitar 1.240 mdpl maka kebun ini menawarkan panorama yang berbeda karena dari kebun ini bisa menyaksikan pemandangan yang benar-benar indah dan udaranya dingin. Apalagi tempat ini juga sering berkabut sehingga disarankan untuk semua pengunjung selalu membawa jaket untuk bisa tetap nyaman tanpa kedinginan. Selain itu, apa lagi yang bisa diketahui dari Kebun Raya Bali? simak dulu beberapa fakta lainnya dibawah ini.

 

Pusat penelitian dan sarana edukasi

Sejak diresmikan tahun 1959, kebun raya dengan luas berkisar 50 hektar ini menjadi kebun raya pertama yang ada di Indonesia. Sampai sekarang kebun ini menjadi lebih luas lagi yaitu sekitar 157,5 hektar dan menjadi kebun botani terbesar yang ada sekarang ini. Selain menjadi tujuan wisata banyak orang, tempat ini sekarang memiliki banyak fungsi mulai dari untuk pusat penelitian botani, pelestarian jenis flora, dan sudah pasti menjadi sarana edukasi untuk siapa saja yang datang ke kebun raya ini.

 

Menjadi habitat beberapa jenis tanaman

Kebun Raya Bali yang sangat luas ini menjadi habitat untuk beberapa jenis tanaman. Mulai dari adanya 293 jenis anggrek dari berbagai daerah dan ada juga tanaman obat yang jenisnya bisa mencapai 300 tanaman. Di dalam kebun raya ini juga terdapat beberapa taman mulai dari Taman Panca Yadnya yang ada 580 koleksi tanaman untuk digunakan saat Upacara Adat Agama Hindu di Bali. Kemudian juga ada 80 tumbuhan paku dan juga 68 tanaman kaktus yang bisa disaksikan di dalam rumah kaca. Makanya pengunjung yang datang tentunya harus berkeliling agar bisa melihat semua tanaman yang ada.

 

Menyediakan koleksi begonia terlengkap

Di beberapa area kebun terdapat rumah kaca yang berisi 294 jenis koleksi begonia, dengan 81 jenis spesies merupakan tanaman asli dari Indonesia. Sedangkan sisanya merupakan hasil persilangan yang bisa dilihat secara langsung keindahan dari tanaman ini. Area rumah kaca yang ditanami oleh banyak koleksi begonia tentunya menjadi daya tarik Kebun Raya Bali.

 

Beberapa fakta diatas menunjukkan bahwa Kebun Raya Bali menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berada di Bali. Mulai sekarang, temukan tiket pesawat murah Jakarta – Bali hanya di dalam aplikasi Pegipegi. Ada banyak sekali tiket murah yang bisa dipesan untuk bisa mengunjungi Bali dari berbagai daerah termasuk Ibukota. Jadi, jangan salah pilih aplikasi lagi. Cari tiket pesawat di Pegipegi sekarang juga karena banyak promonya.

Exit mobile version