Blog Tulisan Agus
Travel  

Kunjungi 7 Kota untuk Pengalaman Wisata Kuliner Terbaik

Keliling Indonesia rasanya tidak lengkap jika belum wisata kuliner mencicipi makanan tradisional. Beberapa kota di Indonesia dicap sebagai surganya kuliner karena kelezatan dan variasi makanan yang beragam. Buat kamu yang butuh ide makan siang apa hari ini, daftar ini bisa membantu kamu.

 

Bali

Wisata kuliner yang tidak ada habisnya adalah Bali. Makanan tradisional khas Bali banyak sekali tersedia mulai dari rumah makan sederhana hingga kelas restoran. Kamu bisa mencicipi nikmatnya ayam betutu, nasi campur, lawar, sate lilit, sate plecing, nasi jinggo, bebek bengil, dan lainnya. Jangan lupa coba sambal matah yang otentik di sana ya!

 

Surabaya

Kota ini terkenal dengan rawon yang rasanya sangat khas. Tapi, Surabaya tidak hanya memiliki rawon sebagai makanan tradisionalnya, lho. Ada tahu campur, tahu tek, sate klopo, pecel semanggi, sate karak, lontong balap, sego sambel, rujak cingur, dan soto gubeng. Cicipi juga es krim Zangrandi yang legendaris dan kental dengan suasana tempo dulu.

 

Bandung

Surganya wisata kuliner ini sangat wajib dikunjungi karena semua makanan unik, kreatif, dan bikin nagih ada di sini. Sebut saja batagor, seblak, mie kocok, soto Bandung, karedok, nasi tutug oncom, sate maranggi, nasi timbel, colenak, bandros, cuanki, combro, peuyeum dan masih banyak lagi. Jangan lupa jajan camilan dari keluarga aci seperti cilok, cireng, cimol, cilung, cilor, dan ci- lainnya, ya!

 

Yogyakarta

Jika ditanya makan apa di Jogja, pasti gudeg yang pertama kali dicetuskan. Kota ini memang terkenal sekali dengan gudegnya. Tapi makanan tradisionalnya tidak hanya itu saja, kok. Masih ada oseng mercon, tengkleng gajah, sate klatak, geplak, bakpia pathok, cenil, sate kere, yangko, bakmi Jogja, mie lethek, sambel welut, mangut lele, hingga belalang goreng. Tertarik mencobanya?

 

Lombok

Pulau di sebelah tenggara Bali ini memiliki makanan yang bercita rasa hampir sama dengan pulau tetangganya. Jika berkesempatan ke The Mandalika Lombok, cicipi ayam taliwang, plecing kangkung, sate rembiga, ayam rarang, sate bulayak, nasi balap, bebalung, sayur ares, beberuk terong, dan yang lainnya. Dijamin kamu sulit move on dari makanan lezat ini.

 

Padang

Siapa yang tidak familiar dengan masakan Padang? Bahkan rendang saja sudah terkenal sebagai makanan paling lezat di dunia. Selain rendang, masih banyak lagi makanan yang sering dijumpai di rumah makan Padang dan yang jarang diketahui. Mulai dari dendeng balado, dendeng batokok, gulai itiak lado mudo, aneka rendang, kalio dagiang, gulai tauco, asam padeh, gulai paku, hingga yang unik seperti palai rinuak, sambal lado tanak, rakik maco, dan lainnya.

 

Makassar

Banyak yang mengetahui coto dan sop konro sebagai makanan tradisional dari Makassar. Tetapi sebetulnya masih banyak lagi jenis makanan lain dari kota ini. Sebut saja barongko, pisang epe, es palu butung, pallubasa, gogoso, bebek palekko, juku pallu ce’la, mi titi, kapurung, buras, jalangkote, ikan bandeng bakar, pallumara,putu cangkiri, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.