Blog Tulisan Agus

Tips Mengajukan Kredit Mobil yang Perlu Anda Perhatikan

Anda butuh mobil, namun dana belum mencukupi? Maka membeli mobil dengan mengajukan kredit xpander cross atau kredit lain sesuai mobil yang ingin Anda beli bisa menjadi jalan keluarnya. Sebab dengan sistem kredit, Anda bisa membawa pulang mobil hanya dengan membayar TDP (Total Down Payment) yang pastinya lebih rendah dari harga total mobil.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kredit ini, ada baiknya jika memerhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

1.      Pahami Besaran Uang Muka dan Biaya Lainnya

Banyak orang yang fokus pada persentase DP saat akan mengajukan kredit. Padahal, masih banyak biaya lainnya yang harus Anda pahami. Biaya lainnya yang termasuk di sini seperti biaya administrasi, provisi, dan biaya terkait lainnya. Keseluruhan biaya tersebut merupakan total down payment dan merupakan biaya yang harus Anda bayarkan di awal pengajuan kredit.

2.      Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Setelah proses kredit yang Anda ajukan diterima, artinya mulai bulan selanjutnya Anda memiliki tanggungan untuk membayar cicilan per bulannya. Itulah sebabnya nominal cicilan harus Anda sesuaikan dengan kemampuan membayar Anda. Sebaiknya, nominal cicilan ini berjumlah tidak lebih dari 30% dari total penghasilan bulanan Anda.

Ingatlah bahwa Anda masih memiliki tanggungan atau kebutuhan lainnya juga, seperti keperluan bulanan dan tabungan. Jika penghasilan Anda habis hanya untuk membayar cicilan, tentunya akan berisiko membuat Anda kesulitan keuangan nantinya.

3.      Cek Kesesuaian Data

Dalam beberapa kasus, proses kredit menjadi lama karena data yang Anda berikan tidak sesuai. Salah satu contohnya adalah data identitas yang belum Anda perbarui. Hal ini akan menyebabkan proses pengajuan kredit menjadi lebih lama dan berbelit.

Untuk itu,sebelum mengajukan kredit maka ada baiknya Anda mematikan jika data diri yang Anda pegangan sudah sesuai dengan domisili Anda. Pastikan juga syarat lainnya yang berkaitan dengan kredit sudah Anda penuhi dan Anda bisa dihubungi dengan mudah oleh pihak lembaga pembiayaan saat proses kredit.

4.      Pilih Pihak Pembiayaan yang Tepat

Pastikan lembaga pembiayaan yang Anda gunakan memiliki legalitas yang jelas dan juga bekerja secara profesional sesuai aturan yang berlaku. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan kredit, maka hal itu pasti akan berpengaruh ke kondisi keuangan Anda. Maka ada baiknya, sebelum melakukan kredit buatlah analisa keuangan untuk menentukan batasan nominal cicilan yang mampu Anda bayar setiap bulannya. Berdasarkan nominal ini, Anda bisa memperkirakan tenor kredit dan DP yang harus Anda bayarkan pada awal pengajuan kredit. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.